Bagaimana Operasional Tambang Raksasa RI?

Bagaimana Operasional Tambang Raksasa RI?

Bagaimana-Operasional-Tambang-Raksasa-RI?
Bagaimana Operasional Tambang Raksasa RI?

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengeluarkan Surat Menteri BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020 tertanggal 15 Mei 2020.

Surat edaran ini berisi himbauan BUMN untuk mulai bekerja dengan new normal pada 25 Mei 2020 mendatang.

Lalu bagaimana kesiapan BUMN tambang dalam menjalakan new normal diperusahaannya paska lebaran?

Juru bicara Freeport Indonesia, Riza Pratama. Ia menjelaskan pihaknya sedang bekerja untuk dapat menjalankan rencana-rencana operasi secara efektif guna memastikan keberlanjutan kegiatan usaha.

Mulai dari sekarang hingga masa yang akan datang demi kepentingan seluruh stakeholder.

“Sebagai bagian dari upaya perlindungan terhadap karyawan dan aset kami serta memastikan keberlangsungan operasi perusahaan. Kami akan mulai mengimplementasikan Inisiatif Tim Kerja Esensial PTFI dalam beberapa minggu ke depan,” ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Jumat, (22/05/2020).

Menurutnya, inisiatif Tim Kerja Esensial PTFI akan meliputi pengurangan pekerja di dataran tinggi untuk memperkuat protokol penjagaan jarak fisik. Serta mengelola rotasi karyawan selama periode pembatasan perjalanan dan persyaratan-persyaratan pengujian kesehatan.

Melalui inisiatif ini maka sebagian personil esensial akan tetap berada di Dataran Tinggi.

Baca Juga: Wisata Tambang, Makin Tua Makin Cantik

“Rotasi kerja baru yang aman dan efisien sedang disusun. Kebijakan ini akan diimplementasikan melalui cara yang tidak akan melanggar panduan-panduan manajemen risiko kelelahan kerja kita. Penerapan pembatasan perjalanan telah membantu mengurangi paparan virus yang menyebar di antara komunitas di jobsite dan komunitas lain di luar jobsite,” paparnya.