Babak Baru Negosiasi Dagang AS-China, Harga Emas Turun

Harga emas di pasar spot turun 0,5 persen menjadi USD 1,464.43 per ons. Harga emas ini telah mencapai level tertinggi dua minggu di USD 1,478.80 di sesi sebelumnya, sebelum berbalik negatif. Emas berjangka AS turun 0,7 persen menjadi USD 1,463.60 per ons.

Harga emas turun pada hari Kamis karena laporan bahwa China telah mengundang negosiator top AS untuk memulai putaran baru membicarakan lagi mengenai kesepakatan perang dagang AS-China Kemajuan pembicaraan ini membuat harga emas sedikit tertekan.

“Saham sedikit lemah saat ini, tetapi emas masih negatif dan itu agak mengkhawatirkan. Jika saham terus naik lebih tinggi dan ada beberapa optimisme tentang kesepakatan perdagangan, maka saya berharap emas akan turun,” kata Daniel Pavilonis, ahli strategi pasar senior di RJO Futures.

Baca juga: Harga Minyak Mentah Menguat ke Level Tertinggi Sejak 9 Pekan

Kementerian Perdagangan Chna juga mengatakan, China akan berusaha untuk mencapai kesepakatan perdagangan awal dengan AS karena kedua belah pihak menjaga saluran komunikasi tetap terbuka.

Wall Street Journal juga melaporkan bahwa Beijing telah mengundang negosiator perdagangan AS untuk pembicaraan baru. Putaran tarif berikutnya untuk barang-barang Cina akan jatuh tempo pada 15 Desember. Namun, ekuitas global dan pasar mata uang AS masih gelisah tentang nasib kesepakatan perdagangan “fase-satu” yang akan datang. Hal ini secara langsung juga mempengaruhi harga emas.