Awal Pekan Harga Minyak Menguat

Awal Pekan Harga Minyak Menguat

Awal-Pekan-Harga-Minyak-Menguat
Awal Pekan Harga Minyak Menguat

Harga minyak membuka sesi perdagangan pada minggu ini dengan positif.

Harga minyak mentah untuk kontrak menguat, meski ada kuota pengetatan dari produsen minyak global. Lonjakan kasus baru Covid-19 di berbagai negara, tak membuat apresiasi harga minyak turun.

Harga minyak acuan global Brent naik 0,36% ke US$ 42,35/barel. Sementara di saat yang sama harga minyak acuan Amerika Serikat (AS) juga menguat 0,2% ke US$ 39,83/barel.

Reuters melaporkan, di Amerika Serikat dan Kanada, jumlah rig minyak dan gas alam yang beroperasi masih rendah, bahkan ketika harga minyak sudah naik dan mendorong beberapa produsen untuk memulai pengeboran lagi. 

Irak dan Kazakhstan berjanji untuk lebih mematuhi pemotongan produksi minyak. Namun, kelompok OPEC+, yang terdiri dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya termasuk Rusia.

Mereka belum memutuskan apakah akan memperpanjang periode pemangkasan pasokan 9,7 juta barel per hari (bpd) hingga Agustus.

Baca Juga: Tekanan Sektor Batu Bara Dipastikan Segera Melunak

Harga minyak juga telah didukung oleh pemulihan permintaan bahan bakar global pada April-Mei karena negara-negara di seluruh dunia mulai kembali melanjutkan kegiatan ekonominya.