Asik! India Bakal Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara

Must read

Pemerintah India bakal membangun pembangkit listrik tenaga batu bara baru karena menghasilkan tenaga termurah seperti yang tertulis dalam draf dokumen kebijakan kelistrikan yang dirilis baru-baru ini.

Sementara India berkomitmen untuk menambah kapasitas sumber pembangkit non-fosil, kapasitas pembangkit berbasis batu bara mungkin masih diperlukan untuk ditambahkan di negara ini karena menjadi sumber termurah,” bunyi draft Kebijakan Listrik Nasional (NEP) tersebut. 

Selain itu, dituliskan juga jika semua pembangkit listrik berbasis batu bara di masa depan hanya akan menggunakan teknologi ultra super kritis yang akan mengurangi polusi atau teknologi lain yang lebih efisien.

Isi draf tersebut hingga saat ini belum resmi diumumkan. Hanya saja, draf ini sudah ada sejak Februari 2021.

Sebelumnya, NTPC Ltd (NTPC.NS) sebagai produsen listrik utama India  mengatakan tidak pada bulan September pihaknya tidak akan memperoleh tanah untuk proyek-proyek baru berbahan bakar batu bara. Sementara perusahaan swasta yang banyak dijalankan negara bagian Negeri Bollywood menegaskan tidak akan berinvestasi dalam pembangkit listrik tenaga batu bara baru karena tidak layak secara ekonomi.

Lebih lanjut, panel pemerintah yang terdiri dari berbagai pakar dan pejabat sektor listrik akan membahas draf tersebut dan dapat membuat perubahan sebelum meminta persetujuan kabinet. Rancangan dokumen tersebut juga mengusulkan perdagangan energi terbarukan di pasar sehari-hari, menciptakan tarif terpisah untuk stasiun pengisian kendaraan listrik dan privatisasi perusahaan distribusi listrik.

Baca Juga : Bangga! RI Produksi Pupuk Berbahan Baku Batu Bara di Nigeria

Di tempat yang terpisah, para ahli mengatakan, pentahapan sumber energi terbarukan dan penghentian sumber konvensional seperti batu bara dan gas alam dapat dengan cepat menyebabkan ketidakstabilan dan pemadaman listrik.

Maka dari itu, mereka menyarankan penggunaan yang fleksibel dari tenaga berbahan bakar batu bara dan berbahan bakar gas alam untuk memastikan stabilitas jaringan di tahun-tahun mendatang.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article