Arus Laut Indonesia Potensial Jadi Energi Terbarukan

Arus Laut Indonesia Potensial Jadi Energi Terbarukan

Arus Laut Indonesia Potensial Jadi Energi Terbarukan
Arus Laut Indonesia Potensial Jadi Energi Terbarukan

Laut Indonesia diyakini memiliki potensi besar untuk dijadikan sumber energi terbarukan, terutama arus lintas dan juga selat sempit yang ada.

Indonesia) memiliki selat-selat sempit itu yang arusnya kuat bisa jadi energi listrik, potensial energi terbarukan.

Potensi listrik yang dimaksudkan ialah pemanfaatan arus dan dinamika pasang-surut air laut secara optimal.

Contoh beberapa selat kecil yaitu selat Bali, selat Badung (antara pulau Lombok dan Bali), selat Lombok dan selat Alas.

Potensial sekali untuk energi pasang-surut laut dan dimanfaatkan ke energi listrik, menjadikan energi terbarukan yang lebih baik dari sinar surya.

Indonesia sebenarnya bisa memanfaatkan energi dari laut. Dari gelombang laut bisa, dari energi pasang-surut laut bisa, tapi yang paling kuat itu ya energi dari arus laut itu.

Pada dasarnya kalau arus pasang-surut itu selalu ada, karena selama bulan dan matahari ada, maka arus pasang-surut pasti terjadi.

Bandingkan dengan energi surya atau energi matahari. Saat malam tiba atau matahari tenggelam dan tertutup awan, energinya yang akan dikelola juga ikut menghilang sementara.

Artinya, energi dari laut bisa dimanfaatkan untuk pulau-pulau terpencil mandiri energi.

Indonesia belum memanfaatkan laut seluas mungkin. Dan sebenarnya ini potensi besar yang belum diekplorasi dengan bijak.

Indonesia pun sudah memiliki teknologi yang mumpuni untuk memanfaatkan potensi alam di lautan menjadi energi terbarukan.

Baca Juga: Batu Bara Masih Terus Reli

Cuma dari segi harga memang lebih tinggi dari konvensional. Meski demikian, jika Indonesia ingin mengutamakan energi karbon rendah, sebetulnya memanfaatkan kondisi alami lautan Indonesia adalah alternatif terbaik ke depannya.

Mudah-mudahan saja ke depannya pemerintah bisa melihat ke arah sana. Artinya yang disubsidi jangan energi batubara atau minyak, tapi yang diutamakan energi terbarukan, dan itu (kondisi air laut) salah satunya.