APBI Sebut Proyek PLTU Batu Bara Tetap Aman

APBI Sebut Proyek PLTU Batu Bara Tetap Aman

APBI-Sebut-Proyek-PLTU-Batu-Bara-Tetap-Aman
APBI Sebut Proyek PLTU Batu Bara Tetap Aman

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batu Bara (APBI) Hendra Sinadia mengatakan Jepang menjadi salah satu dari tiga negara yang masih mendanai proyek-proyek PLTU di Asia.

Namun, selain itu, masih ada dua negara lainnya yang mendanai proyek PLTU di Asia yakni yaitu China dan Korea Selatan.

Kalangan pengusaha batu bara meyakini proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara tidak akan berdampak meski sejumlah perbankan Jepang tak lagi memberikan pinjaman.

Untuk diketahui, perbankan Jepang yak tak lagi memberi pinjaman itu adalah; Mizuho, Japan’s Sumitomo Mitsui Financial Group Inc (SMFG), dan The Japan Bank for International Cooperation (JBIC).

“Memang ada beberapa lembaga keuangan dari Jepang yang memutuskan menghentikan pendanaan proyek-proyek berbasis batu bara. Tetapi tentu tidak semuanya mengambil sikap seperti itu,” ujarnya

Menurutnya, masih ada beberapa lembaga pembiayaan yang masih tetap mengucurkan dana untuk proyek-proyek PLTU batu bara.

Hal itu karena pertimbangan bahwa batu bara masih menjadi sumber energi yang termurah dan paling efisien meskipun saat ini harga minyak dalam titik terendah dan menghadapi persaingan dengan harga gas.

Baca Juga: Eksplorasi Minyak Bumi, Perjalanan Panjang Menuju Sukes

Dari sisi perusahaan sendiri, lanjutnya, beberapa proyek PLTU masih berjalan terutama yang sudah financial closing seperti PLTU Batang milik Adaro dan konsorsium dan beberapa PLTU yang lain.