Apakah Eksplorasi Tambang Bisa Selamanya?

Apakah Eksplorasi Tambang Bisa Selamanya?

Apakah-Eksplorasi-Tambang-Bisa-Selamanya?
Apakah Eksplorasi Tambang Bisa Selamanya?

Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja dicanangkan untuk mempermudah izin. Serta regulasi demi meningkatkan peluang investasi dan lapangan kerja di Indonesia.

Tentu, seluruh sektor tak lepas dari pokok pembahasan RUU ini. Termasuk sektor pertambangan mineral dan batu bara (minerba).

Dalam diskusi Polemik RUU Cipta Kerja di Sektor Pertambangan Minerba yang dihelat di Jakarta, Senin (24/2), ada beberapa pasal yang dibahas dan dipertanyakan substansinya.

Misalnya, pasal 102 yang menyatakan perusahaan tambang wajib melakukan hilirisasi jika ingin melakukan ekspor.

Bukan sekadar kewajiban, ternyata melakukan hilirisasi memberi keuntungan lain terhadap pengusaha tambang, seperti dibebaskan dari; Domestic Market Obligation (DMO), mendapat pemotongan pajak, pengenaan royalty 0 persen bahkan bisa memperpanjang kegiatan usaha tiap 10 tahun hingga seumur tambang.

“Pertanyaannya, mampu nggak semua perusahaan tambang di Indonesia melakukan hilirisasi? Hilirisasi kan nggak semudah itu, perlu biaya, perlu infrastruktur,” ujar peneliti Auriga

Namun, dampak lingkungan yang akan ditimbulkan dari insentif perpanjangan kegiatan usaha hingga seumur tambang pasti akan sangat besar.

Baca Juga: Serapan Batu Bara Domestik Terdampak Turunnya Konsumsi Listrik

Sumber daya mineral yang terkandung di alam Indonesia bisa-bisa bakal habis tak tersisa karena dieksploitasi.

“Kalau semangatnya investasi, ya bisa, tapi pasti SDA kita akan cepat habis,” ujar Deri, Kepala Bidang Geologi Dinas ESDM Provinsi Banten, menambahkan.