Apa Kabar Harga Batu Bara?

Apa Kabar Harga Batu Bara?

Apa-Kabar-Harga-Batu-Bara?
Apa Kabar Harga Batu Bara?

Harga batu bara kontrak futures (berjangka) drop 2,66% ke level US$ 54,8/ton dan menjadi level terendah sejak 20 Juni 2016.

Harga batu bara kontrak acuan Newcastle (6.000 Kcal/Kg) ditutup anjlok pada perdagangan hari pertama awal pekan ini Senin (20/4/2020).

Prospek permintaan batu bara termal terutama di kawasan Asia Pasifik memang lagi suram di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang menjangkiti seluruh penjuru dunia.

Harga batu bara berpotensi semakin tertekan seiring dengan amblesnya harga minyak mentah kontrak pengiriman Mei 2020 West Texas Intermediate (WTI) yang sempat terkapar di zona negatif.

Pelemahan harga batu bara juga dipicu oleh suramnya permintaan batu bara di kawasan Asia. Terutama dari negara-negara konsumen terbesar batu hitam seperti China dan Jepang.

Dimulai dari China terlebih dahulu, harga batu bara lokal yang sudah ambles 13,6% dari puncaknya tahun ini sebesar 573 yuan ($ 80,99) per ton pada 26 Februari menjadi 473 yuan pada hari Rabu pekan lalu.

Baca Juga: Harga Batu Bara Sepekan Tertekan

Ini berarti bahwa pihak berwenang sekali lagi dapat mendorong pedagang dan pembangkit listrik untuk membatasi impor batu bara termal, dan beralih mendorong permintaan dan harga domestik.

Artinya ini akan jadi masalah untuk kinerja impor batu bara China di bulan Mei dan Juni.