Antam Fokuskan Belanja Modal untuk Penyelesaian Proyek

Antam Fokuskan Belanja Modal untuk Penyelesaian Proyek

Antam-Fokuskan-Belanja-Modal-untuk-Penyelesaian-Proyek
Antam Fokuskan Belanja Modal untuk Penyelesaian Proyek

Tahun ini, PT. Aneka Tambang Tbk (ANTM) masih berfokus untuk melanjutkan dan menyelesaikan proyek-proyek hilirisasi.

Oleh karena itu, emiten pelat merah ini akan menggunakan belanja modal atau capital expenditure (capex) untuk kegiatan tersebut.

Meski tidak menyebut angka spesifik, Senior Vice President Corporate Secretary PT. Aneka Tambang Tbk. Kunto Hendrapawoko mengatakan ANTM akan mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam belanja modal terkait dengan pelaksanaan proyek-proyek pengembangan hilirisasi.

Hilirisasi yang dimaksud adalah proyek pegembangan utama ANTAM yaitu Proyek Pembangunan Pabrik Feronikel Haltim (P3FH) dan Pabrik Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) Mempawah.

“Stuktur belanja modal tahun 2020, Perusahaan mengedepankan alokasi investasi untuk melanjutkan dan menyelesaikan proyek-proyek hilirisasi yang telah diinisiasi sebagai bagian dari upaya pengembangan perusahaan jangka panjang,” ujar Kunto kepada Kontan.co.id.

Kunto sedikit membocorkan mengenai proyeksi produksi ANTM tahun ini. Untuk produksi pabrik feronikel, ANTM menargetkan produksi dan penjualan 27.000 ton nikel dalam feronikel (TNi) pada tahun ini.

Baca Juga: Emiten Ini Berpotensi Melemah Berkat Anjloknya Minyak

Selain itu, ANTM juga berupaya tetap menjaga stabilisasi produksi emas melalui tambang emas Pongkor dan Cibaliung pada tingkat produksi sekitar 2 ton emas per tahun.

Sebagai gambaran, ANTM membukukan pendapatan bersih sebesar Rp. 32,71 trilun pada tahun lalu. Jumlah ini naik 29,44% dari realisasi penjualan tahu 2018 yang hanya Rp. 25,27 triliun.