Antam Buka Suara Soal Rencana Pabrik Baterai Listrik RI

Antam Buka Suara Soal Rencana Pabrik Baterai Listrik RI

Antam Buka Suara Soal Rencana Pabrik Baterai Listrik RI
Antam Buka Suara Soal Rencana Pabrik Baterai Listrik RI

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) bakal terlibat dalam proyek electric vehicle (EV) Battery Indonesia bersama dengan dua perusahaan pelat merah lainnya.

Rencananya dalam proyek tersebut, Antam akan mengambil bagian sebagai penambang dan pengolahan nikel sulfat.

Untuk melaksanakan rencana tersebut, saat ini perusahaan dengan induk usahanya PT Inalum (Persero) atau MIND ID tengah melakukan studi kelayakan pelaksanaan proyek ini.

Antam berencana akan mengambil peran dalam penambangan serta pengolahan nikel sulfat.

Saat ini, ANTAM bersama MIND ID sedang melakukan kajian secara komprehensif terkait studi kelayakan.

Antam selalu membuka kesempatan untuk melakukan pengembangan portofolio komoditas, baik secara organik maupun anorganik.

Adapun saat ini bersama dengan MIND ID, Antam juga tengah melakukan diskusi dengan calon-calon mitra strategis yang akan ikut terlibat dalam proyek ini. Mitra ini berasal dari dalam dan luar negeri.

Antam sudah berpengalaman lebih dari 52 tahun dalam mengelola komoditas tambang, khususnya hilirisasi nikel dan sudah memiliki portfolio sumber daya nikel yang solid.

Sejak tahun 1976, ANTAM telah mengoperasikan smelter pengolahan nikel menjadi feronikel yang merupakan bahan baku stainless steel di Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Pemerintah RI Kebanjiran Proposal Nuklir

Saat ini, Antam sedang menyelesaikan pembangunan pabrik feronikel di Maluku Utara yang akan memperkuat total kapasitas produksi feronikel Perusahaan menjadi 40.500 TNi.