Antam Berharap Sentimen Harga Emas Poles Kinerja

Antam Berharap Sentimen Harga Emas Poles Kinerja

Antam-Berharap-Sentimen-Harga-Emas-Poles-Kinerja
Antam Berharap Sentimen Harga Emas Poles Kinerja

Kinerja PT. Aneka Tambang Tbk (ANTM) diprediksi bakal terpapar pandemi corona (Covid-19) yang menekan sebagian pasar dan harga komoditas dunia.

Kendati begitu, ANTM masih optimistis tren kenaikan harga emas, khususnya pada segmen produk logam mulia bisa memberikan sentimen positif untuk menyokong kinerja di tahun ini.

Senior Vice President Corporate Secretary PT. Aneka Tambang Tbk  Kunto Hendrapawoko mengatakan ANTM menyambut positif kenaikan harga komoditas emas yang memiliki sifat safe haven. 

“Tentunya Kami berharap dengan momentum kenaikan harga emas dapat meningkatkan kinerja perusahaan pada tahun ini,” ungkapnya.

Kunto memang belum memaparkan secara detail realisasi produksi dan penjualan produk emas ANTM selama kuartal I-2020, maupun target secara tahunan di 2020 ini.

Yang jelas, pada tahun ini ANTM akan mengoptimalkan produksi emas dari dua tambang yang beroperasi, yaitu ; Tambang Emas Pongkor, Jawa Barat dan Tambang Emas Cibaliung di Banten.

Ia bilang, ANTM berupaya tetap menjaga stabilisasi produksi emas melalui tambang Pongkor dan Cibaliung pada tingkat produksi sekitar 2 ton emas per tahun dengan strategi penjualan emas yang mengedepankan perluasan jangkauan pada basis pelanggan emas di dalam negeri.

Pada tahun lalu, komoditas emas memang masih menjadi yang paling dominan menyumbang pendapatan ANTM.

Pada 2019, komoditas emas ANTM mencatatkan volume penjualan mencapai 34.016 kg (1.093.639 troy oz). Tumbuh 22% year-on-year (yoy).

Pendapatan ANTM dari penjualan emas berkontribusi sebesar Rp. 22,46 triliun atau 69% dari total penjualan di 2019.

ANTM mencatatkan total volume produksi emas dari tambang Pongkor dan Cibaliung sebesar 1.963 kg (63.111 troy oz) pada tahun 2019.