Ahok Buka-bukaan Soal Penghapusan Premium

Must read

Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok  buka-bukaan soal wacana penghapusan Bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin Premium.

Penghapusan BBM jenis Premium menurutnya menjadi kebijakan dari pemerintah. Pertamina berperan menjadi pelaksana atas kebijakan yang diambil oleh pemerintah.

“Saya tidak tahu (dihapuskan), mesti tanya ke menteri, kita cuma jalankan saja,” tutur Ahok pada Rabu malam (7/4/2021).

Selanjutnya, Ahok juga mengajak masyarakat untuk meninggalkan Premium yang mempunyai nilai oktan (Research Octane Number/RON) 88, menjadi yang lebih ramah lingkungan seperti Pertalite dan Pertamax.

Kedua BBM jenis ini, menurutnya memiliki kualitas yang lebih bagus dan RON yang lebih tinggi.

Apalagi, saat ini kendaraan didesain untuk jenis bahan bakar bukan premium. Selain itu, jika beralih ke Pertalite atau Pertamax, pemakaian BBM pun akan akan lebih irit.

“Itu kita baru bikin program langit biru, untuk mengajak masyarakat dan mendidik supaya meninggalkan premium,” sambungnya

Lebih lanjut, ia mengatakan, pihaknya secara perlahan akan mengurangi pasokan Premium di perkotaan.

Baca Juga: Ngecas Mobil Listrik Sekarang Bisa di SPBU

Dengan begitu, konsumsi Premium dapat digantikan dengan jenis lain. Ahok turut mencontohkan di wilayah Jawa Tengah (Jateng) penggunaan BBM Premium mulai berkurang, karena masyarakat perlahan menyadari efek bagi lingkungan dan biaya membeli BBM.

“Nah, ini kita bertahap (dikurangi), tapi di Jateng ini sedikit sekali yang pakai Premium. Ini dari lingkungan dan dari sisi ekonomi mungkin juga lebih baik Pertamax lebih hemat,” tandasnya.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article