7 Manfaat Batu Bara untuk Kehidupan Sehari-hari

Must read

Batu Bara Antrasit

Jenis batu bara ini memiliki kandungan karbon tertinggi dan merupakan batu bara keras yang juga memiliki kadar air terendah dan merupakan bahan bakar pemanas yang baik. Batu bara ini digunakan untuk pembangkit listrik dan merupakan batu bara dengan kualitas tertinggi.

Ciri jenis batu bara antrasit di antaranya adalah:

– Warna hitam sangat mengkilat dan kompak

– Nilai kalor sangat tinggi, kandungan karbon sangat tinggi

– Kandungan air sangat sedikit

– Kandungan abu sangat sedikit

– Kandungan sulfur sangat sedikit.

Tar Batu Bara

Ketika batu bara disuling, akan dihasilkan residu yang dikenal sebagai tar batu bara yang berbentuk cair, berwarna hitam pekat. Tar batu bara digunakan untuk melakukan banyak hal, seperti memperbaiki rumah dan bangunan, serta produksi kain. Material ini banyak digunakan untuk membuat bangunan tahan air, untuk isolasi bangunan, untuk membuat cat, kain, shampoo, dan sabun.

Sumber Tenaga Pembangkit Listrik

Manfaat batu bara yang yang mungkin sudah banyak diketahui adalah sebagai tenaga pembangkit listrik. Selain Indonesia, batu bara juga merupakan bahan bakar utama pada pembangkit listrik di beberapa negara seperti China, India, Australia, Jepang, Jerman dan beberapa negara lain.

Menghasilkan Produk Gas

Batu bara menjadi salah satu energi yang dapat menghasilkan suatu produk gas. Gas alam yang dapat keluar ini berasal dari batu bara yang masih ada di dalam tanah. Batu bara yang ada di dalam tanah dapat secara langsung menghasilkan gas alam.

Selanjutnya, gas alami yang dihasilkan oleh batu bara murni tersebut akan diolah di tempat pertambangan dan bisa menjadi berbagai produk, misalnya untuk bahan bakar industri, pembangkit listrik tenaga gas, serta produk hidrogen dan solar. Jadi manfaat batu bara selanjutnya adalah untuk menghasilkan produk gas.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article