7 Manfaat Batu Bara untuk Kehidupan Sehari-hari

Manfaat batu bara yang paling terkenal dan sering didengar orang adalah untuk diolah dalam bentuk energi listrik. Hal ini tak aneh, mengingat batu bara merupakan sumber yang sangat diandalkan dan sangat terjangkau untuk digunakan dalam pembangkit listrik.

 

7-Manfaat-Batu-Bara-untuk-Kehidupan-Sehari-hari
7 Manfaat Batu Bara untuk Kehidupan Sehari-hari

Batu bara juga tersedia sangat berlimpah di Indonesia, oleh karena itu penggunaanya menjadi semakin dibutuhkan oleh setiap orang. Penggunaan batu bara yang luas pada banyak industri merupakan salah satu hal yang sangat menguntungkan.

Manfaat batu bara juga banyak digunakan pada kehidupan sehari-hari, sebagai pemanas rumah hingga untuk memasak. Oleh karena itu, kamu perlu tahu tentang berbagai manfaat penggunaan batu bara ini dalam kehidupan.

Baca Juga: Nasib Tambang PKP2B Mulai Jelas

Sebelum membahas beberapa manfaat, alangkah baiknya terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis batu bara. Lazimnya batu bara juga berbeda-beda, tergantung jenisnya.

Batu Bara Bitumen

Batu bara bitumen adalah batu bara yang paling banyak digunakan dan lebih mudah untuk didapat, jenis batu bara ini peringkatnya lebih tinggi dari lignit tetapi lebih rendah dari antrasit. Jenis batu bara ini terutama digunakan untuk menghasilkan kokas, listrik dan uap.

Ciri-ciri jenis batu bara ini adalah:

– Warna hitam mengkilat, kurang kompak.

– Nilai kalor tinggi, kandungan karbon relatif tinggi.

– Kandungan air sedikit.

– Kandungan abu sedikit.

– Kandungan sulfur sedikit.