5 Manfaat Sumber Daya Alam Tambang

Must read

5 Manfaat Sumber Daya Alam Tambang

Data yang diperoleh dari Agincourt Resources, sebuah perusahaan tambang yang bergerak dalam kegiatan eksplorasi, penambangan, dan pengolahan mineral menjadi emas dan perak batangan, memaparkan, terdapat 5 manfaat sumber daya alam tambang yang dikelola dengan baik, berikut rinciannya.  

1).  Meningkatkan Pendapatan Daerah Dan Negara

Manfaat sumber daya tambang bagi Indonesia adalah meningkatkan pendapatan. Pertambangan memberikan devisa terbesar bagi negara. 

2). Meningkatkan Kesadaran Untuk Menjaga Lingkungan

Pascakegiatan pertambangan, biasanya, membuat lingkungan sekitar tercemar. Pencemaran tersebut membuat warga menjadi lebih peduli dan terdorong untuk mengembalikan lingkungan menjadi hijau.

‘3). Sumber Lapangan Pekerjaan 

Kegiatan pertambangan memerlukan tenaga manusia sehingga diperlukan jumlah pekerja yang mencukupi. Dengan begitu, akan mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia.

4). Kemajuan Teknologi Transportasi Dan Komunikasi

Pertambangan biasanya dilakukan di lokasi terpencil sehingga membutuhkan akses transportasi dan komunikasi. Dengan adanya kegiatan pertambangan, dibuat akses transportasi dan komunikasi yang lebih maju dari sebelumnya. 

5). Bebas Biaya Impor 

Dengan menggunakan hasil tambang sendiri, Indonesia tidak memerlukan impor bahan tambang dari negara lain. Hal ini memberikan keuntungan untuk menghemat biaya impor.

Berdasarkan jenisnya sumber daya alam terbagi menjadi dua, salah satunya adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Tambang merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Baca Juga: Kota Penambang yang Sunyi di Perut Bumi Coober Pedy

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, bahan tambang dibedakan menjadi tiga, yaitu: 

a). Barang tambang sumber energi atau bahan tambang bukan logam, terdiri dari minyak bumi, gas alam, dan batu bara. 

b). Bahan tambang logam, seperti emas, perak, tembaga, bauksit, besi, perak, timah, nikel, dan mangan. 

c). Bahan tambang industri, seperti asbes dan kapur.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article