12 Proyek Hulu Migas Ditargetkan Beroperasi Tahun Ini

Must read

Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan, Satuan Kerja Khusus (SKK) Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi telah menargetkan sebanyak 12 proyek dengan total US$1,62 miliar akan beroperasi pada tahun ini. 

Data SKK Migas juga menjelaskan, per April 2021 terdapat 5 proyek yang beroperasi dengan total investasi mencapai US$111 juta. Artinya masih tersisa 7 proyek yang akan ditambah pada tahun ini. 2 proyek strategis nasional yang juga ditargetkan beroperasi yakni proyek Tangguh Train-3 dan Jambaran Tiung Biru.

Setiawan menyatakan, dirinya juga optimis bahwa target tersebut akan terealisasi tapi tentunya dengan berbagai syarat. 

Syarat pertama adalah terkait dengan harga minyak dunia dimana ini sangat berpengaruh terhadap sisa proyek yang dilakukan. Dengan naiknya harga minyak dunia sepanjang 2021, ini maka kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) akan lebih gencar dalam menyelesaikan pekerjaannya. 

Hal itu terkait dengan nilai keekonomian proyek. Selanjutnya yakni kemudahan dalam pelaksanaan pekerjaan di tengah pandemi. Dengan kondisi saat ini, sektor hulu migas diharapkan bisa mendapatkan kemudahan baik dari sisi perizinan untuk mobilisasi person maupun peralatan. 

“Ini sangat penting mengingat jika terjadi kendala terhadap personel maupun peralatan atau material bisa dipastikan mengganggu pelaksanaan proyek,” katanya. 

Syarat lainnya ialah dukungan dan percepatan dari stakeholder terkait seperti Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, dan aparat yang lain terkait dengan perizinan-perizinan yang lain sehingga tidak terganggu pelaksanaannya maupun insentif-insentif lain yang bisa diberikan. 

Terakhir, terkait faktor sosial maka perlu adanya dukungan dari pemerintah daerah agar pekerjaan bisa dilakukan. Menurut Mamit, gangguan sosial yang disebabkan oleh masyarakat bisa ditanggulangi sehingga tidak mengganggu pekerjaan. 

Baca Juga : BPH Migas Siap Kerja Sama Hilir Migas dengan Rumania

“Perlu effort yang besar dan pastinya dukungan dari semua pihak. Tanpa itu, saya kira berat sekali bisa tercapai,” tegas Setiawan. 

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article