105 Perusahaan Migas dan EBT Norwegia Siap Investasi di RI

105 Perusahaan Migas dan EBT Norwegia Siap Investasi di RI
105 Perusahaan Migas dan EBT Norwegia Siap Investasi di RI

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Oslo, Norwegia, melaporkan bahwa sekitar 105 perusahaan migas dan energi baru terbarukan (EBT) Norwegia siap bekerja sama dan berinvestasi di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan dalam pertemuan Duta Besar RI di Oslo, Todung Mulya Lubis dengan Norwep, Greater Stavanger, dan Pemerintah Kota di Stavanger, Norwegia (17/12).

Norwep adalah perwakilan organisasi nonprofit Norwegia untuk membantu pengembangan industri dan bisnis bidang energi di luar negeri.

Stavanger adalah kota ketiga terbesar di Norwegia yang terkenal dengan industri migas, energi terbarukan, dan pengembangan digital.

Stavanger sedang meningkatkan kapasitas industri digital dan pembangunan smart city sebagai solusi tenaga kerja dan tingkat populasi usia lanjut di Norwegia.

Potensi ini dapat dimanfaatkan Indonesia untuk mengembangkan industri digital ekonomi nasional dan pengembangan sumber daya manusia di bidang digital. 

Beberapa perusahaan telah menghubungi pemerintah untuk menggali potensi dan mencari mitra kerja di Indonesia. Beberapa perusahaan tersebut adalah SN Power, Scatec Solar, Equinor, Tinfoss, dan Nexans Norway.

Rencana ini pun disambut baik oleh Dubes RI Todung Mulya Lubis. Todung menyatakan, Indonesia siap merealisasikan kerja sama dengan Norwegia.

Apalagi Indonesia dan Norwegia juga tengah dalam tahap akhir untuk memulai perjanjian Indonesia-EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA) yang akan membuka lebih banyak potensi baru untuk kedua negara.

Tak hanya soal migas, dalam pertemuan perwakilan dua negara, pengembangan kerja sama digital dengan kota Stavanger juga dibahas. 

Baca Juga: Konsumsi Batu Bara Dunia Bisa Naik di 2021

Ini adalah waktu yang tepat untuk investasi di Indonesia khususnya dengan pengesahan UU Cipta Kerja yang semakin memudahkan proses investasi di Indonesia. 

Norwegia adalah salah satu mitra penting Indonesia di kawasan Skandinavia. Pada tahun 2019, total perdagangan kedua negara mencapai USD 286 juta dengan investasi Norwegia di Indonesia senilai USD 16,88 juta di 32 proyek.