10 Negara Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia

10 Negara Penghasil Batu Bara Terbesar

10-Negara-Penghasil-Batu-Bara-Terbesar
10 Negara Penghasil Batu Bara Terbesar
  1. China

China merupakan negara penghasil batu bara terkemuka di dunia. Negeri Tirai Bambu ini bisa memproduksi sekitar 3,6 miliar ton batu bara.

Tak heran jika China menjadi penyumbang batu bara sebesar lebih dari 47% di dunia. China dikabarkan memiliki cadangan batu bara sebanyak 114,5 miliar ton dan juga memiliki 12.000 tambang di seluruh dunia.

  1. Amerika Serikat

Amerika Serika (AS) berada di posisi kedua sebagai penghasil batu bara terbesar di dunia.

Total produksi batu bara di negara ini diperkirakan mencapai 922 juta ton per tahun. Amerika menjadi negara dengan penyumbang batu bara sebesar 13% di dunia.

Selain sebagai produsen terbesar kedua, Amerika juga merupakan konsumen terbesar kedua di dunia. Konsumsi batu bara di negara tersebut sebesar 11% yang mayoritas digunakan sebagai pembangkit listrik.

25 negara bagian di AS diketahui memproduksi batu bara dan sekaligus menjadikannya sebagai negara dengan cadangan batu bara terbesar di dunia.

  1. India

India merupakan produsen serta konsumen batu bara terbesar ketiga di dunia. Total produksi batu bara di India mencapai 605 juta ton per tahun.

Terlepas dari banyaknya produk batu bara, India mengonsumsi batu bara sebesar 8% secara global. India juga dikabarkan memiliki cadangan batu bara sebanyak 60,6 miliar ton.

Baca Juga: Investasi PLTU Berpotensi Diguncang Corona

Sebagian besar cadangan batu bara di India terletak di bagian timur negara tersebut yang menyumbang sekitar 70% dari total cadangan.

  1. Australia

Australia memiliki produksi batu bara sekitar 413 juta ton per tahun.

Lebih dari 90% dari total produksinya untuk menyentuh pasar ekspor, sedangkan 10% digunakan untuk penggunaan domestik.

Cadangan batu bara di negara ini diperkirakan mencapai 76,4 miliar. Australia memiliki sekitar 100 tambang swasta.

  1. Indonesia

Indonesia merupakan negara penghasil batu bara terbesar kelima di dunia. Indonesia diperkirakan memproduksi sebanyak lebih dari 386 juta ton setiap tahunnya.

Produksi batu bara di Indonesia mengalami peningkatan besar-besaran hingga menyusul Australia.

Cadangan batu bara di Indonesia saat ini diperkirakan 5,5 miliar ton.

Beberapa tahun terakhir, aksi industri intensif oleh asosiasi penambang telah melihat pengurangan yang signifikan dalam jumlah total batubara yang diproduksi di negara ini.