10 Manfaat Minyak Bumi Bagi Kehidupan

10 Manfaat Minyak Bumi Bagi Kehidupan

10-Manfaat-Minyak-Bumi-Bagi-Kehidupan
10 Manfaat Minyak Bumi Bagi Kehidupan

Minyak adalah sebuah Sumber Daya Alam yang sangat penting menunjang keberlangsungan hidup manusia saat ini.

Tanpa minyak mungkin kita tidak dapat menjalani kehidupan seperti sekarang.

Minyak merupakan sumber daya alam yang berasal dari berbagai macam sisa-sisa organisme laut, seperti tumbuhan atau hewan, yang mengendap di dasar laut kemudian tertutup oleh lumpur.

proses pembentukan minyak bumi ini memerlukan waktu yang sangat lama, sehingga wajar komoditas tersebut menjadi salah satu komiditas perdagangan yang sangat  berharga.

Dalam pemanfaatannya, minyak bumi bisa digunakan untuk berbagai macam hal, mulai dari bahan bakar kendaraan, bahan baku industri, bahan untuk pembuatan perabotan rumah tangga, hingga digunakan sebagai bahan untuk produk kecantikan dan bidang kesehatan.

Beberapa bidang tersebut memang seperti terdengar asing, namun ternyata minyak bumi juga memberikan peranan yang cukup penting.

Dilansir dari situs International Association of Oil and Gas Producers berikut beberapa manfaat minyak bumi bagi kehidupan yang perlu Anda ketahui.

Kendaraan

Manfaat minyak bumi bagi kehidupan yang pertama tidak lain digunakan untuk bahan bakar guna kendaraan melaju.

Dalam hal ini, minyak bumi digunakan sebagai bahan pembuatan oli yang berfungsi sebagai pelumas kendaraan supaya dapat melaju atau bekerja secara optimal.

Pelumas oli ini biasanya ditemui pada bagian jok, ban, hingga bumper mobil.

Konstruksi

Manfaat minyak bumi bagi kehidupan selanjutnya tidak lain berkaitan dengan bidang konstruksi.

Seperti diketahui bahwa minyak bumi menjadi salah satu bahan utama yang digunakan untuk membuat cat, pipa, atap, hingga aspal.

Baca Juga: Melirik Rencana Bisnis Indika Energy di Tengah Pandemi

Dalam hal ini, para pekerja konstruksi yang berkenaan langsung dengan bahan-bahan tersebut, biasanya selalu dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk menjaga keselamatan kerja, seperti helm, kacamata, dan alat pelindung lainnya.

Hal ini dilakukan, agar mengurangi dampak buruk dari kontaminasi bahan-bahan kimia yang cukup berbahaya.